West Papua Today

Jangan pernah lupa dengan Sejarah

IPWP dan ILWP tidak didukung oleh Parlemen Eropa

Jayapura (SN)- Dukungan Uni Eropa terhadap perjuangan International Parliamentary for West Papua (IPWP) dan International Lawyers for West Papua (ILWP) untuk memuluskan Papua Merdeka dibantah oleh mantan Dubes RI untuk Belgia dan Luxemberg, Najib Riphat Kesuma. Dalam jumpa persnya di Swissbell Hotel Kota Jayapura, Najib mengatakan bahwa deklarasi IPWP dan ILWP di Brussels pada tanggal 26 Januari 2010 hanya dihadiri segelintir orang. Anggota Parlemen Uni Eropa yang menghadiri deklarasi hanyalah Carolin Lukas (anggota parlemen Eropa dari Inggris-Red), Theys Berman (anggota Parlemen dari Belanda-Red). Hal ini menunjukan bahwa propaganda ILWP dan IPWP menjual isu Papua tidak laku karena hanya direspon oleh 2 dari total 736 anggota parlemen Uni Eropa.

Setelah dilakukan klarifikasi ternyata kehadiran 2 anggota tersebut ternyata bukan dalam rangka mendukung kemerdekaan Papua. “Saya telah menemui keduanya dan mendapat jawaban yang berbeda dengan info yang beredar”,. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kedua anggota parlemen Uni Eropa tersebut hanya memberikan dukungan bagi kesejahteraan masyarakat Papua. “Carolin Lukas mengatakan bahwa dia tidak berusaha untuk mencampuri urusan dalam negeri Indonesia, seraya menyesal bahwa dukungannya telah dimanfaatkan ILWP dan IPWP untuk kepentingannya memisahkan Papua dari Indonesia. Sedangkan Theys Berman mengatakan bahwa dia hanya mengatakan mendukung pelaksanaan Otsus di tanah Papua agar masyarakat Papua sejahtera dan sama sekali tidak mendukung kemerdekaan Papua”, pungkasnya. (Clifton).

Agustus 12, 2010 - Posted by | Autonomy, Conflict, Education, Human Right, International Support, Issue, News, Opinion, Politics |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: