West Papua Today

Jangan pernah lupa dengan Sejarah

Dukungan Dana Otsus Papua Belum Mendorong Pembangunan

Sejak implementasi Otonomi Khusus (Otsus) Papua berjalan, banyak sumber pembiayaan di Papua membengkak. Sayangnya, tidak serta merta mendorong percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

“Dana yang mengalir ke luar Papua sangat besar, tapi tidak mendorong laju pertumbuhan investasi dan ekonomi daerah,” kata Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Berth Kambuaya di Jayapura, Sabtu (27/2).

Sesuai laporan Bank Indonesia Jayapura, bahwa dalam tahun 2009 dana yang mengalir ke Papua sebesar 55 triliun. Dan yang mengalir keluar mencapai 42 triliun.

“Ini berarti kurang lebih 75 persen dana mengalir keluar Papua, sehingga menyebabkan kegiatan pembangunan dan pertumbuhan daerah statis bahkan cenderung negatif,” jelasnya.

Kambuaya menilai berbagai gejolak yang terus terjadi di Tanah Papua dipicu adanya kepincangan. Walau pembangunan sudah berjalan 30 tahun, tapi masyarakat masih menderita diatas kekayaan alam yang limpah ruah.

Kambuaya menilai, pelaksanaan kegiatan investasi di Papua belum menunjukkan perkembangan yang baik, dimana dari jumlah persetujuan yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua selama 3 tahun terakhir (2006 – 2008) hanya ada sebanyak 46 keputusan. Dari jumlah tersebut, hanya 11 investor yang aktif melapor. “Kondisi ini tentu sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Papua,” paparnya.

Ia menandaskan, investasi harus di tingkatkan dengan melakukan reformasi SOP pelayanan ijin investasi, serta perlu disediakan dana studi kelayakan terhadap sember daya baik kelautan, kehutanan, pertanian dan pertambangan. “Tentunya semua ini dalam rangka promosi investasi.”

Source: Tabloidjubi.com

April 13, 2010 - Posted by | 27766198, Autonomy, Development, Fund |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: