West Papua Today

Jangan pernah lupa dengan Sejarah

Keberanian Menhut menegur Freeport

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menegur perusahaan tambang asal Amerika Serikat, PT Freeport Indonesia, karena tetap beroperasi meski belum menyelesaikan proses izin pinjam pakai. Selain Freeport, kata Zulkifli di dalam rapat kerja dengan komisi IV DPR di Jakarta, Senin (22/2), sebelas perusahaan lain yang juga beroperasi di hutan lindung, juga belum mendapat izin serupa.

Freeport dan 12 perusahaan tambang lainnya mendapat hak istimewa untuk melakukan tambang terbuka di hutan lindung berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No.1/2004 yang dikenal dengan Perppu Tambang. Dia mengatakan, Kemhut sudah mengeluarkan surat teguran pertama kepada Freeport. “Kami segera mengirimkan surat teguran kedua,” katanya. Menhut meminta agar aparat penegak hukum mengambil tindakan terhadap pelanggaran hukum yang terjadi. “Aparat hukum jangan hanya menindak yang kecil-kecil. Tapi tindak juga yang besar,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Planologi Kemhut, Soetrisno mengungkapkan, sampai saat ini baru dua perusahaan yang sudah mendapat izin pinjam pakai, yaitu PT Indominco Mandiri dan PT Aneka Tambang. “PT Inco saat ini sedang dalam proses mengajukan izin pinjam pakai. Namun belum mendapat rekomendasi gubernur,” katanya. Anggota DPR, Markus Tari, mendukung langkah Menhut untuk menertibkan pertambangan di kawasan hutan. Dia menantang Menhut untuk mengambil tindakan tegas guna menghentikan operasi Freeport. “Menhut harus berani mengambil tindakan. Stop operasi kalau perlu,” tegas dia. Zulkifli mengatakan, pihaknya tidak bisa melakukan tindakan hukum seperti mencabut izin operasi karena izin tambang diterbitkan bukan oleh Kemhut. “Yang menerbitkan izinnya kan instansi lain,” katanya.
Berita diatas membuat bangga anak bangsa yang selama ini seperti takut untuk menindak korporasi tambang asing “Freeport” yang telah beroperasi puluhan tahun di Papua. Namun demikian keberanian Menhut menyatakan hal tersebut bila tidak diukung dengan keberanian aparat hukum dan pemerintah, hanyalah retorika. Padahal kerusakan yang telah ditimbulkan oleh perusahan tambang emas Freeport sudah sangat memprihatinkan.

Februari 23, 2010 - Posted by | Freeport |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: