West Papua Today

Jangan pernah lupa dengan Sejarah

Pihak Asing Dilarang Ikut Campur Masalah Papua

Nicolas Fernandes

Seperti yang telah disampaikan oleh  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai masalah Papua, Presiden memperingatkan kepada pihak-pihak asing agar menjauhi masalah Papua dan menegaskan bahwa masalah tersebut merupakan masalah dalam negeri Indonesia. Masalah yang ada di Papua adalah masalah dalam negeri kita sendiri sehingga kita tidak menginginkan pihak luar dari mana pun datangnya untuk ikut campur urusan dalam negeri kita.

Penyelesaian masalah Papua, menurut presiden juga akan menggunakan cara-cara Indonesia tanpa perlu campur tangan pihak asing, dan yang diinginkan dalam menyelesaikan masalah Papua adalah dengan cara damai, adil, dan bermatabat.

Sementara itu Pemerintah Indonesia  telah membantah keras terjadinya pembersihan etnis dan kekerasan oleh aparat keamanan di bumi Papua. Hal itu dibuktikan dalam kepemimpinan SBY bahwa selama satu setengah tahun pemerintahannya tidak ada kasus-kasus yang dapat digolongkan melanggar HAM.

Diharapkan kepada warga Papua, untuk tidak terpengaruh oleh ajakan berbagai pihak di dalam maupun luar negeri yang berusaha menciptakan masalah baru di Papua. Selanjutnya Presiden SBY  juga menegaskan pemerintah pusat tidak pernah berpikir ataupun berniat untuk mengeksploitasi kekayaan alam Papua untuk kepentingan daerah-daerah lain.

Adanya Majelis Rakyat Papua (MRP) hal itu sebagai representasi adat, budaya, agama, dan kaum perempuan. Sehingga secara tidak langsung menghormati hak-hak masyarakat berdasarkan hukum adat sepanjang hal itu masih hidup dalam kenyataan sehari-hari.

Sumber : Papua Today

November 19, 2009 - Posted by | Opinion |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: