West Papua Today

Jangan pernah lupa dengan Sejarah

PAPUA SALAH SATU SUMBER DAYA ALAM PROPINSI DI INDONESIA

Papua merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terdiri dari mayoritas bagian dari setengah bagian barat New Guinea Island dan di dekatnya. Provinsi awalnya menutupi seluruh setengah bagian barat New Guinea, tetapi pada tahun 2003, bagian barat provinsi, di Semenanjung Kepala Burung, dinyatakan di Jakarta sebagai provinsi terpisah bernama Irian Jaya Barat. Legalitas pemisahan ini telah diperdebatkan, seperti yang muncul konflik dengan kondisi status Otonomi Khusus diberikan kepada Papua pada tahun 2000.

Papua adalah Bahasa Indonesia resmi dan diakui secara internasional nama untuk provinsi. Selama era kolonial kawasan ini dikenal sebagai Nugini Belanda. Provinsi ini dikenal sebagai Irian Barat atau Irian Barat 1969-1973, dan kemudian diganti menjadi Irian Jaya ( “Victorious Irian”) by Soeharto. Ini adalah nama resmi sampai Papua adalah diadopsi pada tahun 2002. Saat ini, penduduk asli provinsi ini lebih suka menyebut diri mereka Papua bukan Irian. Hal ini mungkin disebabkan oleh etimologi (berbagai diidentifikasi sebagai etimologi nyata atau etimologi rakyat) nama Irian, yang berasal dari akronim Ikut Republik Indonesia, Anti Nederland (bergabung / mengikuti dengan Republik Indonesia, menolak Belanda). Nama Papua Barat digunakan antara separatis Papua dan biasanya merujuk kepada seluruh bagian Indonesia New Guinea.

Ibukota Provinsi Papua adalah Jayapura. Sebagian besar penduduk bergantung pada pertanian subsisten, khususnya budidaya padi dan jagung. Industri utama adalah tembaga (dengan konsentrasi terbesar tembaga di dunia di Tembagapura), minyak kelapa sawit, kopra, jagung, kacang tanah, lada, tuna, emas, minyak, batu bara, dan fosfat. Hal ini sebagian besar merupakan daerah pegunungan dan hutan, dengan rentang Mountain Maoke naik menjadi 5.029 m / 16.499 kaki di Puncak Jaya. Melanesia terdiri dari penduduk (asli pemukim di Irian Barat), Papua, Negritos, dan Eropa. Animisme pribumi berlaku. Provinsi menyatakan kemerdekaan dari Indonesia, seperti Papua Barat, pada bulan Juni 2000. Namun, Presiden Indonesia menyatakan bahwa deklarasi itu tidak representatif perasaan sejati di provinsi.

Kawasan
Struktur daerah Indonesia berisi kabupaten dan kecamatan dalam tersebut. Meskipun nama dan daerah kontrol struktur daerah ini dapat bervariasi dari waktu ke waktu sesuai dengan perubahan politik dan persyaratan lain, pada tahun 2005 Provinsi Papua terdiri dari 19 kabupaten. Kabupaten adalah: Timika, Yapen – Waropen, Biak – Numfor, Nabire, Puncak Jaya, Paniai, Jayawijaya, Merauke, Sarmi, Keerom, Waropen, Tolikara, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Boven Digoel, Mappi, Asmat, Supiori, dan Jayapura. Selain itu, kota Jayapura juga memiliki status kabupaten. Orang-orang dari pulau itu dapat dibagi menjadi lebih dari 250 subkelompok, yang terkait erat dengan pulau-pulau di sepanjang tepi selatan Pasifik dan meliputi antara lain, Marindanim, Yah’ray, Asmat, Mandobo, Dani dan Afyat. Mereka yang di dataran tinggi tengah masih mempertahankan adat dan tradisi mereka dan karena daerah telah hampir telah tersentuh oleh pengaruh luar. Hove komunikasi selalu sulit di sini dan suku yang berbeda hidup, untuk sebagian besar, bahkan terisolasi satu sama lain, menghasilkan campuran yang sangat beragam budaya

Pemerintah
Provinsi Papua telah diatur oleh gubernur yang dipilih langsung (saat ini Barnabas Suebu) dan legislatif daerah, DPRP (Dewan Perwakilan Rakyat Papua). Sebuah organisasi pemerintah yang unik yang hanya ada di Papua adalah MRP (Majelis Rakyat Papua / Dewan Rakyat Papua) yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2005 sebagai sebuah koalisi dari kepala-kepala suku Papua, bertugas arbitrase dan berbicara atas nama adat suku Papua.

Ekologi
Yang penting hutan hujan tropis dengan pepohonan tropis yang tertinggi dan besar keanekaragaman hayati, hutan Papua dikenal fauna termasuk marsupial (termasuk posum, wallaby, kanguru pohon, cuscuses), mamalia lain (termasuk yang terancam Ekidna moncong panjang), banyak jenis burung (termasuk burung surga, kasuari, burung kakaktua, kakatua), terpanjang di dunia kadal (Papua monitor) dan kupu-kupu terbesar di dunia. Pulau ini memiliki sekitar 16.000 spesies tanaman, 124 genera yang luas endemic.The sungai dan lahan basah Papua juga rumah bagi garam dan buaya air tawar, pohon monitor, rubah terbang, osprey, kelelawar dan hewan lainnya, sedangkan gletser khatulistiwa bidang tetap sebagian besar belum diselidiki.

Pada Februari 2006, sebuah tim ilmuwan mengeksplorasi Pegunungan Foja, Sarmi, menemukan banyak spesies baru burung, kupu-kupu, amfibi, dan tanaman, termasuk jenis rhododendron, yang mungkin telah mekar terbesar dari genus. Termasuk ancaman ekologis akibat penebangan-penebangan hutan, konversi hutan untuk perkebunan (terutama kelapa sawit), pemegang kecil konversi pertanian, pengenalan dan potensi penyebaran non-pribumi spesies asing seperti Monyet pemakan kepiting, yang memangsa dan bersaing dengan masyarakat adat spesies, spesies perdagangan ilegal, dan pencemaran air dari pertambangan minyak dan operasi.

Geografis
Sebuah pusat Timur-Barat pegunungan mendominasi geografi New Guinea, lebih dari 1.600 km total panjang. Bagian barat sekitar 600 km panjang dan 100 km di seberang. Gunung curam 3.000-4.000 m dan 5000 m sampai tinggi sepanjang rentang menjamin pasokan air hujan dari suasana tropis. Jajaran pohon sekitar 4.000 m elevasi dan puncak tertinggi adalah salju sepanjang tahun.

Utara dan Barat berkisar dari pusat tetap tanah pegunungan kebanyakan 1000-2000 m ditutupi oleh hutan hujan lebat dan lembab yang hangat sepanjang tahun iklim. Ketiga fitur habitat utama adalah tenggara dengan luas lahan basah dataran rendah peregangan selama ratusan kilometer. Ini adalah tanah yang luar biasa kebesaran alam, dengan pemandangan indah pantai, hamparan besar rawa, padang rumput dan berumput dingin kuat mengukir jurang sungai dan terowongan melalui gelap dan lebat hutan purba. Yang paling padat penduduk dan dibudidayakan bagian pulau adalah Danau Paniai kabupaten dan Lembah Baliem di timur.

Sungai Mamberamo kadang-kadang disebut dengan “Amazon of Papua” adalah sungai terbesar di provinsi, yang angin melalui bagian utara provinsi. Hasilnya adalah luas danau dan sungai yang dikenal sebagai kawasan Danau Plains. Lembah Baliem yang terkenal, rumah dari Suku Dani adalah dataran 1600 m di atas permukaan laut di tengah-tengah pegunungan pusat; Jaya Peak, kadang-kadang dikenal dengan nama Belanda dahulu Carstensz Pyramid, adalah kapur tertutup kabut puncak gunung 5.030 m di atas permukaan laut.

September 25, 2009 - Posted by | Economics

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: